TUGAS II
SOAL :
Perencanaan
Strategis dan proses manajemen pemasaran. Hubungan keduanya dapat dilihat dari
pertanyaan berikut :
- Bagaimana perushaan dapat bertahan dalam lingkunganyang berubah cepat
- Apakah alat – alat perencanaan strategis pokok yang digunakan ?
- Apa langkah utama dalam proses manajemen pemasaran yang dipraktekan oleh perusahaan yang berhasil ?
Jawab :
1. Perkembangan situasi bisnis sekarang ini sangat
dipengaruhi oleh perkembangan arus informasi, teknologi dan tuntutan masyarakat
yang selalu mengikuti perubahan. Bisnis masa kini berada pada lingkungan yang
selalu berubah dengan cepat dan dinamis. Globalisasi yang ditandai dengan
adanya arus perdagangan tanpa batas negara, ruang dan waktu membuat tingkat
persaingan menjadi semakin tajam. Tingginya tingkat persaingan juga didukung
oleh adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan
adanya perdagangan lewat internet atau komputer sehingga membawa dampak pada
perubahan perilaku beli dan jual masyarakat.
Dengan adanya tingkat persaingan
yang tajam, membuat banyak produk yang relatif sama di pasar. Hal ini
menjadikan konsumen dihadapkan pada banyak pilihan produk dan sulit membedakan
satu produk dengan produk lain. Konsumen menjadi semakin demanding atau
menuntut nilai (value) produk dengan lebih membandingkan harga dan
manfaat produk yang didapat. Konsumen masa kini lebih pandai mengharapkan lebih
dari apa yang mereka terima di masa sebelumnya. Konsumen lebih mencari esensi
nilai produk yaitu barang dan jasa yang berkualitas dengan harga yang wajar.
Persepsi konsumen atas nilai berkaitan dengan kualitas produk yang dapat
memberikan kepuasan konsumen yaitu kemampuan barang dan jasa yang dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan melebihi harapan pembeli. Pelanggan akan puas
bila mereka mendapatkan kualitas barang dan jasa dengan harga yang wajar
sehingga semakin besar kemungkinan melakukan pembelian ulang atau melakukan
hubungan dengan perusahaan.
Oleh karena itu hanya perusahaan
yang mendasarakan keputusan pemasarannya pada customer oriented dan value
oriented-lah yang bisa bertahan. Konsep market driven atau consumer
driven perlu diterapkan ke dalam kebijakan intern perusahaan agar kepuasan
pelanggan menjadi orientasi atau fokus perusahaan. Kelangsungan hidup
perusahaan juga sangat tergantung dari kemampuan perusahaan menciptakan
hubungan baik dengan konsumen (consumer relationship). Untuk itu
perusahaan sebaiknya menerapkan konsep pemasaran berdasarkan hubungan (relationship
marketing) yang pada dasarnya mempunyai tujuan untuk menciptakan loyalitas
pelanggan yang kuat. Hal ini mengakibatkan banyak perusahaan yang berada pada
posisi pemimpin pasar lebih berupaya untuk mempertahankan pelanggannya daripada
menerobos pasar baru. Hal dasar yang perlu diperhatikan perusahaan dalam
menjalin hubungan ini adalah memahami benar apa kebutuhan dan keinginan serta
harapan individual konsumen. Akhir-akhir ini banyak perusahaan yang menyadari
untuk menerapkan individualized marketing atau one to one marketing
dengan cara menciptakan produk yang dapat tepat memenuhi apa yang diinginkan
dan dibutuhkan kelompok konsumen.
2. Menyusun
Perencanaan Pemasaran Strategis :
- Merumuskan tujuan pemasaran
- Mengidentifikasi kendala
- Mengembangkan strategi pemasaran
- Menetapkan program pemasaran
3.
Proses Manajemen
Pemasaran
a)
Menganalisis
Peluang Pemasaran untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan:
· Lingkungan
eksternal
· Pelanggan
Analisis
lingkungan pemasaran penting sekali untuk meraih peluang-peluang dari setiap
perubahan-perubahan yang terjadi.
b)
Menyusun
Perencanaan Pemasaran Stratejik:
·
Merumuskan
tujuan pemasaran
·
Mengidentifikasi
kendala
·
Mengembangkan
strategi pemasaran
·
Menetapkan
program pemasaran
c)
Implementasi
Rencana Pemasaran
d)
Pengendalian
Pemasaran
e)
Meneliti dan memilih pasar sasaran dan upaya memposisikan pasar
Kisi-kisi produk atau pasar harus dapat diperkirakan dari masing-masing kelompok pasar sasaran. Selain itu perusahaan harus dapat mengembangkan strategi penempatan (positioning strategis) pada pasar sasarannya.
Kisi-kisi produk atau pasar harus dapat diperkirakan dari masing-masing kelompok pasar sasaran. Selain itu perusahaan harus dapat mengembangkan strategi penempatan (positioning strategis) pada pasar sasarannya.
f)
Mengembangkan strategi pemasaran
Perusahaan harus mengembangkan suatu perbedaan-perbedaan dan strategi penempatan pada pasar sasarannya. Perusahaan harus mampu memberikan keistimewaan-keistimewaan yang lain dari pesaingnya dan mampu memenuhi keinginan para pelanggan. Perusahaan harus mampu mengembangkan sebuah peta kedudukan produknya, agar menduduki posisi yang lebih baik dari pesaing-pesaingnya.
Perusahaan harus mengembangkan suatu perbedaan-perbedaan dan strategi penempatan pada pasar sasarannya. Perusahaan harus mampu memberikan keistimewaan-keistimewaan yang lain dari pesaingnya dan mampu memenuhi keinginan para pelanggan. Perusahaan harus mampu mengembangkan sebuah peta kedudukan produknya, agar menduduki posisi yang lebih baik dari pesaing-pesaingnya.
g)
Perencanaan program pemasaran
Strategi pemasaran terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Strategi pemasaran terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
h) Pengorganisasian
, pelaksanaan, dan upaya pengendalian pemasaran Pengorganisasian berarti
membentuk struktur, personalia pemasaran, dan menetapkan tugas secara jelas
serta terkoordinir. Selain itu bagaimana personalia iti dilatih, diarahkan, domotivasi,
dievaluasi. Manajer perusahaan juga menganalisa secara berkala profitabilitas
nyata dari berbagai produk, kelompok pelanggan, saluran distribusi, dan besar
pesanan.
1 komentar:
PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
Terima kasih
Posting Komentar