Pages

Rabu, 08 April 2015

The Living Company



THE LIVING COMPANY
            Dari buku The Living Company karya Arie de Geus, ada beberapa fakta yang menarik, tentang rata-rata harapan hidup perusahaan , serta  bagaimana agar perusahaan dapat berumur panjang. Bahkan sampai ratusan tahun, hal tersebut sesuatu yang mungkin juga ingin kita lakukan dan banyak contoh kisah suksesnya. Karakteristik sebagai perusahaan yang hidup (The Living Company), untuk membangun perusahaan agar menjadi perusahaan yang hidup harus dimulai dari pernyataan misinya. Berkaitan dengan misi suatu perusahaan, pada kenyataannya ada 2 macam tipe misi perusahaan komersial yaitu : Economic Company dan River Company.
1.      Economic company merupakan tipe misi perusahaan yang dijalankan hanya untuk tujuan ekonomi
2.      River Company merupakan tipe misi perusahaan yang dijalankan dengan meniru falsafah sungai yang mampu mengalirkan air sesuai dengan pasokannya dan mengalirkan air ke muara secara terus menerus, sehingga mampu tetap hidup dalam kurun waktu yang panjang. Perusahaan yang berumur panjang adalah perusahaan yang mampu belajar atau mampu beradaptasi sesuai dengan perubahan jaman identik dengan fenomena river company

Menurut de Geus, kesimpulannya sederhana saja :
“ Perusahaan adalah “makhluk hidup” yang dapat bertahan dan bertumbuh kembang selama berabad-abad, asalkan mau berfokus pada aspek-aspek tertentu, memiliki karakter dalam operasionalnya.”
Penelitian Arie de Geus (1997) menunjukkan bahwa ada 4 (empat) karakteristik yang ditemukan pada perusahaan berumur panjang yaitu :
1.      Sensitif terhadap lingkungan : yaitu kepekaan terhadap dunia sekeliling. Perusahaan panjang umur meniru, belajar, dan beradaptasi dengan apa yang terjadi disekitarnya
2.      Memiliki identitas dan jati diri yang kuat : Kesadaran akan identitasnya, Perusahaan sangat kohesif dan memiliki rasa identitas yang kuat berkat kemampuan membangun masyarakat bersama
3.      Memiliki sikap toleran terhadap perbedaan dan mampu melaksanakan proses desentralisasi kewenangan berdasarkan rasa saling percaya. Perusahaan sabar, umumnya tidak tersentralisir, dengan otoritas mengambil keputusan yang merata serta tolerasn terhadap aktifitas”non inti” di wilayahnya ( yang kelak mungkin saja menjadi inti/core business nya)
4.      Melaksanakan manajemen investasi yang rasional : Konservatif dalam keuangan. Perusahaan konservatif dengan uang-nya, yang digunakan untuk mengatur pertumbuhannya sendiri dan memberi pilihan.

Perusahaan Royal Delft (1653)
            Ini adalah Pabrik porselen pertama yang didirikan pada tahun 1653, oleh David Anthonisz yang bernama De Porceleyne Fles (The Porcelain Jar). Namun, pada akhir abad ke-19 usaha itu hampir tidak ada. Kemudian pada tahun 1876, Joost Thooft, seorang insinyur delft, membeli satu-satunya pabrik yang tersisa. Mengetahui bahwa orang tidak menyukai porselen model lama, ia menyadari bahwa harus mengubah teknik ini. Bersama dengan Abel Labouchere yang merupakan rekannya sejak 1884, ia berhasil menemukan campuran tanah liat yang kuat, yang disebut gerabah Inggris putih. Sejak saat itu, mereka menghasilkan produk yang tenar hingga tersebar ke seluruh dunia. Sebagai bentuk apresiasi, akhirnya predikat Royal diberikan kepada The Porceleyne Fles di tahun 1919.








KOMENTAR :
            Dalam suatu usaha tentunya kita harus memperhatikan beberapa hal yang penting untuk kelangsungan usaha atau perusahaan yang akan kita rintis kedepannya. Dalam buku karya Arie De Geus tersebut saya sangan setuju dengan beberapa karakteristik yang terdapat pada buku Arie De Geus yaitu bahwa suatu perusahaan apabila ingin dan mau berumur panjang hingga ratusan tahun nantinya, perusahaan tersebut harus respect terhadap lingkungannya , memiliki jati diri yang kuat agar tidak modah goyah terhadap persaingan yang ada. Sikap tolereansi yang tinggi bisa juga dikatakan menjadi kepedulian perusahaan terhadap hal-hal disekelilingnya yang mampu menunjang keberlangsungan hidup suatu perusahaan untuk kedepannya.
            Pada penelitian Arie De Geus Perusahaan panjang umur yang di teliti, ternyata sangat meprioritaskan hal-hal berikut :
  1. Menghargai orang, bukan asset, sehingga terdapat kenyamanan dalam bekerja bukan hanya mengejar keuntungan semata.
  2. Melonggarkan kemudi dan kendali
  3. Mengorganisir pembelajaran
  4. Membentuk masyarakat manusia di perusahaan
            Tentunya kita semua apalagi yang telah memiliki perusahaan ingin bahwa perusahaan yang kita dirikan tidak seumur jagung, bahkan lebih singkat lagi. Kita ingin perusahaan kita berumur panjang,  ratusan tahun, sebagaimana yang dicontohkan di atas dan kemudian bermanfaat untuk kepentingan bersama. Kita bisa melayani orang banyak, membantu memenuhi kebutuhan mereka akan barang yang kita produksi, disamping itu tentunya kita juga mendapat keuntungan atas kerja keras kita.  
            Maka,  apa yang disampaikan de Geus tersebut layak untuk kita ikuti untuk dijadikan acuan dalam mendirikan sebuah perusahaan dan dalam pengembangan suatu perusahaan agar kelak perusahaan yang kita rintis dapat berumur panjang dan selalu diingat oleh masyarakat.

2 komentar:

Pengobatan Penyakit Komplikasi secara Herbal mengatakan...

keren banget tuhhh

Anonim mengatakan...

PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
Terima kasih

Posting Komentar